Selasa, 12 April 2011

Benarkah Ini Adalah Makan "Robin Hood"

makam robin hood

Sebuah makam tertutup lumut dan tanpa batu nisan disinyalir sebagai makam seorang petani terkenal yang telah melakukan perampokan, pembakaran dan pembunuhan untuk tujuan kebaikan. Petani ini konon menjadi inspirasi cerita legenda Robin Hood.

Cahaya Lentera: berbagi cerita menarik, fenomena, mitos, rekor dunia, serba serbi, hot info, kontroversi, penemuan baru, tehnologi dan kejadian aneh lainnya di sekitar kita.

Makam ini ditemukan di pemakaman Warwickshire, Inggris, konon sudah berumur 8 abad.

David Baldwin (64th), seorang sejarawan Inggris, penulis sekaligus dosen besar universitas, yakin makam ini milik Roger Godberd, seorang petani abad 13 yang dianggap berjasa bagi kaum miskin di masanya (dailymail.co.uk).

makam robin hood

Menurut bukti dokumen catatan kriminal pengadilan abad pertengahan, sebagai seorang pemimpin sekumpulan petani muda yang terlatih untuk menggunakan pedang dan panah, Roger tercatat telah melakukan banyak perampokan terhadap rombongan orang-orang kaya yang melewati hutan Sherwood. Bahkan seorang sheriff (penegak hukum) dari Nottingham mengincar kepalanya untuk digantung di alun-alun atas kejahatannya.

Dibantu oleh seorang kesatria dari istana yang mendukung misinya membantu orang miskin, Roger berkali-kali bisa meloloskan diri dari penjara.

Lebih dari sepuluh tahun Baldwin melakukan penelitian untuk mempelajari sosok Robin Hood. Data-data ini – menurut Baldwin – mengacu kepada kisah sang legenda Robin Hood. Sehingga dia yakin Godberd (1230 - 1290) adalah sosok yang tepat. Dalam bukunya Godberd menulis, ”Kisah Robin Hood adalah sebuah misteri yang telah mendarah daging di masyarakat. Dan saya telah menemukan siapa tokoh asli dalam legenda ini. Dia bernama Roger Godberd, seorang penjahat baik hati yang aktif di akhir tahun 1260-an.”

Kisah legenda Robin Hood telah beberapa kali menjadi inspirasi para pembuat film layar lebar maupun pembuat serial TV.

Kevin Costner robin hood

Tahun 1991, Kevin Costner memenangkan Oscar untuk filmnya yang berjudul Robin Hood: Prince of Thieves. Salah satu film kesukaan saya yang sudah pernah saya tonton lebih dari 5 kali.

Sayangnya di jaman internet sekarang ini, belum ada sosok Robin Hood yang membobol bank dan membagikan uangnya kepada fakir miskin.  Atau merampok konglomerat demi membuatkan rumah kaum gelandangan…
source

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Post