Jumat, 22 April 2011

Taukahkamu Bahwa Pisang Adalah Buah yang paling Cocok Dimakan Saat Stres



Berbagai manfaat bisa didapatkan dari makan pisang, mulai dari melancarkan buang air besar hingga melindungi sel dari kerusakan. Ada juga manfaat pisang yang jarang diketahui, yakni bisa meredakan stres saat suasana hati sedang galau.

Pisang dapat meredakan stres karena mengandung 2 senyawa yang bisa menenangkan pikiran yakni dopamin dan serotonin. Keduanya merupakan senyawa pengendali mood atau suasana hati yang secara alami juga diproduksi di otak.

Dopamin merupakan senyawa yang memegang peran cukup dominan di bagian otak yang dinamakan reward center atau pusat pengendali rasa puas. Saat seseorang merasa senang dan terpuaskan, maka rasa itu sebenarnya merupakan efek dari kerja dopamin.

Selain memberi rasa senang dopamin juga melindungi saraf otak dari Parkinson, yakni penyakit yang dipicu oleh kerusakan saraf akibat proses penuaan. Kadar dopamin yang cukup juga akan melindungi fungsi jantung dari berbagai gangguan sirkulasi darah.

Sementara itu serotonin adalah senyawa yang mengatur suasana hati, membuat seseorang merasa bahagia dan menghilangkan emosi negatif. Kekurangan kadar serotonin di otak dapat mengakibatkan seseorang jadi sensitif, mudah tersinggung dan suka marah-marah.

Karena sangat menentukan suasana hati, serotonin menjadi target terapi pada beberapa obat antidepresi. Obat-obat tersebut diberikan pada pasien yang mengalami depresi, untuk meningkatkan pelepasan serotonin di otak sehingga tingkat stresnya berkurang.

Selain bisa mengendalikan mood, pisang juga bermanfaat bagi metabolisme tubuh secara umum karena banyak mengandung mineral penting yakni potasium dan kalium. Sebagai sumber antioksidan, pisang juga kaya akan kandungan vitamin terutama vitamin C, B6 dan A.

sumber:
health.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post