Senin, 06 Juni 2011

8 Kiat Agar Sperma Tetap Prima


Jika saat ini atau dalam waktu dekat Anda berencana punya momongan, sudah seharusnya kesehatan sperma harus menjadi perhatian utama. Kadang-kadang, kebiasaan yang tidak kita sadari, bisa berdampak negatif, bahkan membahayakan sperma.

Jangan beranggapan sperma Anda selalu dalam kondisi prima. Bahkan dalam kondisi terbaik, hanya sekira 50-70% sperma seorang pria dapat membuahi telur. Sperma sangat rentan terhadap faktor lingkungan, seperti terpapar panas berlebihan atau bahan kimia beracun. Untuk melindungi sperma, hal yang dapat dilakukan menurut saran Mayoclinic.com adalah:

1. Hindari toksin.
Para ahli berpendapat tempat kerja tertentu dan substansi rumah tangga dapat berdampak pada kualitas dan kuantitas sperma, seperti logam berat yang digunakan pada industri, pestisida dan kimia sebagai pelarut. Gunakan pakaian yang dapat melindungi tubuh, kenakan masker yang bisa mengurangi risiko toksin terserap ke dalam tubuh.

AKUMULASI TOKSIN DALAM PEREDARAN DARAH
Maka akan terjadi beberapa macam penyakit seperti


Spoiler:

* Darah Tinggi / Hipertensi : Kolesterol tinggi.

Toksin dari minyak, lemak protein tinggi, dan zat-zat kimia, terakumulasi di dalam peredaran darah, sehingga darah tak mampu lagi bersirkulasi membawa nutrisi dan gizi ke organ-organ tubuh. Karena tebal dan kental dengan toksin dan klimaks dari penyakit ini sering terjadi Stroke.

* Penyakit jantung / Jantung koroner :

Ini juga disebabkan karena keberatan darah yang tebal dan kental dengan toksin, sehingga darah dari sistem arteri terhambat untuk memompa jantung. Dan sering terjadi, orang tiba-tiba meninggal dalam keadaan sehat segar bugar. Keadaan seperti ini, masyarakat mengatakan penyakit angin duduk. Sebetulnya dalam medis tak ada penyakit angin duduk, yang ada keberadaan darah yang penuh dengan toksin dari sistem arteri, tak mampu lagi untuk memompa jantung, dan kalau tak mampu memompa jantung, maka jantung akan berhenti berdetak, kalau jantung berhenti berdetak, itu artinya sudah dipanggil oleh yang maha kuasa ( meninggal ).


2. Berhenti merokok.
Sperma pria perokok bisa berubah bentuk dan bergerak lebih lambat dibandingkan sperma pria yang tidak merokok. Merokok juga dapat merusak DNA sperma.



Para ahli menduga kerusakan semacam ini dapat berdampak pada perkembangan dan pertumbuhan bayi yang pada akhirnya meningkatkan risiko si anak memiliki gangguan kesehatan, misalnya kanker. Merokok juga dapat meningkatkan peluang disfungsi ereksi. Sejumlah penelitian menunjukkan pria yang merokok dan minum alkohol memiliki jumlah sperma dan motilitas sperma yang lebih rendah dibandingkan pria yang tak melakukan hal tersebut.

3. Batasi alkohol.
Banyak minuman keras mengurangi kualitas dan kuantitas sperma. Batasi menenggak alkohol tidak lebih dari dua kali sehari. Kombinasi alkohol dan rokok juga amat berbahaya bagi kesehatan.




APA SIH ALKOHOL??

Spoiler:


Alkohol adalah sejenis zat kimia yang biasanya terkandung dalam minuman beralkohol seperti wine (anggur), beer (bir) dan minuman beralkohol lainnya.

Nah, dari mana alkohol ini berasal sehingga disukai banyak orang??

Ternyata, alkohol ini didapatkan dari proses fermentasi tanaman yang mengundung madu, gula, bahkan umbi-umbian. Tapi kadar alkohol yang didapat tidak terlalu tinggi. Nah, kalau mau mendapat kadar alkohol untuk obat luka (sampai 100%) harus dilakukan fermentasi dan distilasi lebih lanjut. Wow...

KENAPA BANYAK ORANG MENYUKAI ALKOHOL??

Jawaban dari pertanyaan diatas ini mungkin menjelaskan pada kita semua kenapa ada orang yang tiap hari minum minuman beralkohol, ada orang yang ngabisin duitnya untuk minuman beralkohol, dan bahkan yang merusak tubuhnya demi alkohol??


Ternyata, alkohol ini merupakan salah satu zat adiktif (yang bikin orang kecanduan) yang menimbulkan efek euphoria. Apa itu efek euphoria??
Efek euphoria adalah efek yang ditimbulkan oleh sesuatu yang menyebabkan seseorang merasa senang yang luar bias a, merasa high, dan nge-fly..

Efek inilah yang mungkin dicari orang sampai mengorbankan uang, waktu, dan kesehatannya..


Quote:
APA BAHAYANYA MENJADI ALCOHOLISM?

Spoiler:
Apakah minum-minuman beralkohol berbahaya??

Tidak, jika dikonsumsi dengan takaran yang wajar..

Nah lalu apa bahayanya??

Ketika kita mengkonsumsi alkohol, alkohol dengan cepat diserap tubuh dan dibawa ke dalam darah. Semakin tinggi kadar alkohol, semakin cepat diserap oleh tubuh. Karena itu orang lebih cepat mabuk jika minum alkohol dengan kadar tinggi..

Alkohol yang ada dalam darah dibawa oleh darah ke seluruh tubuh termasuk otak sebagai pusat gerak, kesadaran dan keseimbangan, karena itu orang-orang mabuk biasanya sempoyongan dan ngomong sembarangan.

Nah setelah itu, darah membawa alkohol ke hati/liver, nah hati kita tidak bisa menerima alkohol, maka dari itu hati memproses lebih dari 90% alkohol yang terkandung dalam darah dan memecahnya menjadi air, karbon dioksida dan lemak ! you’ll become fat consuming too much alkohol.


Quote:
Apa lagi yang membahayakan??
Jika anda minum terlalu banyak dalam waktu yang singkat, hati akan bekerja lebih keras. Jika hati tidak bisa ”menangani” proses ini sendirian maka hati akan meminta bantuan organ lain untuk melakukannya seperti organ-organ perut dan otak

Dan ketika hati anda sudah ”lelah”, hati akan menghasilkan racun bernama acetaldehyde, yang membuat anda muntah dan mabuk berat

Sama seperti mesin, hati yang bekerja terus menerus memproses alkohol akan membuatnya kering dan rusak..jika hati anda rusak, anda harus mencari pertolongan ke rumah sakit, karena tidak ada ”toko hati” di dunia ini meskipun pada hari valentine..

Dan mungkin ’memberi’ anda penyakit hepatitis.




4. Hindari obat ilegal/narkoba.
Mariyuana dapat menurunkan densitas dan motilitas sperma dan meningkatkan jumlah sperma abnormal. Kokain dan opium dapat berperan pada kejadian disfungsi ereksi, dan amfetamin dapat menurunkan gairah seks.




5. Hindari mandi berendam air panas. Untuk memaksimalkan kualitas dan kuantitas sperma, hindari mandi dan berendam dengan air panas. Berendam lebih dari 30 menit di air bersuhu 40 derajat Celcius atau di atasnya kemungkinan dapat menurunkan jumlah sperma. Sauna dan steam juga memiliki efek yang serupa.

6. Hindari konsumsi hormon, misalnya anabolic steroids.
Hormon tersebut dapat merusak testikel dan secara drastis mengurangi kesuburan. Penggunaan hormon anti-androgen untuk terapi pembesaran prostat dan kanker juga dapat mengganggu produksi sperma. Suplemen testosteron juga juga dapat menurunkan fertilitas.



7. Hindari lubrikan selama melakukan seks.
Lubrikan pribadi atau lotion, dan bahkan saliva, dapat mengganggu motilitas sperma. Namun demikian lubrikan berbasis minyak sayur masih dibolehkan.



8. Hindari memangku laptop dan mengenakan celana ketat.
Kebiasaan memangku laptop dalam waktu lama atau mengenakan celana ketat dapat meningkatkan suhu skrotum. Namun hal ini masih dikaji sejauh mana dampaknya terhadap sperma.








sumber:http://pria-perkasa.com/artikel/sepu.../as_sperma.php

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Post