Kamis, 26 Mei 2011

7 Asupan murah yang super sehat.

Mengonsumsi asupan sehat itu tidak harus membuat kita bokek! Kita hanya perlu menyiapkan diri dengan daftar belanjaan yang benar. Berikut daftar belanjaan kita yang punya manfaat besar dengan harga miring



1. Kacang hitam kering



Penuhi kebutuhan serat dan nikmati rasa kenyang lebih lama dengan mengonsumsi kacang hitam. Pilihlah kacang hitam kering, ketimbang yang di dalam kaleng. Tidak hanya menghemat biaya, tapi juga mencegah kelebihan asupan sodium.
Info nutrisi : dalam 48,5 gram kacang hitam kering mengandung 15 gram serat.




2. Biji Jagung Kering


Buat camilan tinggi serat dengan menambahkan popcorn dengan sedikit minyak zaitun. “Membuat sendiri di rumah, bisa memastikan popcorn yang kita konsumsi pasti sehat,” jelas Jason Machowsky, RD, CSCS, personal trainer dari Equinox di New York City.
Info nutrisi : dalam 44 gram biji jagung kering mengandung 5 gram serat.




3. Telur



Kuatkan otot dengan mengonsumsi telur. “Putih telur adalah protein murni,” kata Gerbstadt. Hampir 100% protein dari telur digunakan oleh tubuh kita. Menurut studi terbaru dari USDA, telur mengandung kolesterol 14% lebih sedikit, dan vitamin D 64% lebih banyak ketimbang tahun 2002.
Info nutrisi : satu telur mengandung 6 gram protein.




4. Tuna kaleng yang dikemas dengan air



Para peneliti dari Belanda menemukan para pelaku diet tinggi protein mampu mengikis bobot dan lemak perut 2 kali lebih banyak, ketimbang pelaku diet rendah protein. Tak hanya itu, ikan tuna juga kaya akan vitamin B6 yang berfungsi mengendalikan rasa khawatir dan sistem imun. Plus, kandungan vitamin B12 bisa menjaga keseimbangan dan membuat kita lebih rileks.
Info nutrisi : 1 kaleng mengandung 36 gram protein.




5. Susu bebas lemak



Selain membantu membentuk tulang dan gigi yang kuat, kalsium juga bisa menurunkan berat badan. Pilihlah susu yang bebas lemak, karena produk ini tinggi akan kalsium dan mengandung kalori yang rendah. Selain protein, si putih ini juga memiliki leusin, yaitu asam amino yang bertugas memperbaiki otot.
Info nutrisi : dalam 2 liter susu kita sudah bisa memenuhi 30% kebutuhan kalsium harian kita.




6. Yogurt tanpa rasa (plain yogurt)



Lancarkan sistem metabolisme kita dengan mengonsumsi yogurt. Studi menunjukkan kalau kalsium dari produk olahan susu bisa menekan penyerapan lemak dari makanan lainnya. Bonus lainnya, bakteri baik dalam yogurt akan membantu sistem pencernaan berfungsi dengan baik.
Info nutrisi : dalam 11 sendok makan yogurt tanpa rasa, kita sudah bisa memenuhi 34% kebutuhan kalsium harian.






7. Kentang



Tanpa perlu menguras isi dompet, kita bisa mendapatkan 600 mg potasium, nutrisi yang menjaga tekanan darah. “Menjadi sangat penting untuk mendapatkan asupan potasium yang cukup, karena untuk membantu kita menyeimbangkan pola makan kita yang tinggi sodium,” ujar Dawn Jackson Blatner, RD. penulis buku The Flexitarian Diet. Kentang dengan kulit mengandung 2 gram serat dan bisa memenuhi 45% dari kebutuhan vitamin C harian kita.







sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8543355

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Post