Minggu, 29 Mei 2011

Rahasia Makna Simbol Pada Kontroler PlayStation

Jika Anda memiliki salah satu dari konsol PlayStation (PSX, PS2, PS3 dan PSP) maka anda telah melihat susunan tombol yang tercetak pada kontroler/stik.
Sama halnya seperti Nintendo memiliki susunan ABC XYZ, Sony kini terjebak dengan susunan gambar dan warna-warni yang mudah untuk diingat.


Desainer PlayStation yaitu Teiyu Goto akan menjelaskan mengapa gambar dan warna-warni tersebut diperlukan. Teiyu Goto adalah 'Bapak PlayStation'. Ia adalah orang di balik sejumlah desain menawan PlayStation, PlayStation 2, dan PlayStation 3.

Mengapa hanya bentuk dan warna yang menjadi tanda pengenalnya?

Dalam sebuah wawancara dengan majalah game Famitsu asal Jepang, "Itu agar PlayStation tetap tampak terlihat sederhana." begitu ujarnya.

"Itu cukup sulit," katanya. "Perusahaan game lain menggunakan huruf alfabet atau warna tombol. Kami menginginkan sesuatu yang mudah diingat. Jadi mengapa kami menggunakan ikon atau simbol, dan saya akhirnya membuatnya dengan kombinasi segitiga-lingkaran-X-persegi. Saya juga memberi warna pada setiap simbol agar bermakna."

Segitiga: ini mengacu pada sudut pandang, seperti sebuah panah penunjuk arah, dan warnanya adalah hijau.
Persegi: mengacu pada selembar kertas, membuatnya seperti mewakili menu atau dokumen. Itu mengapa warnanya lebih menonjol yaitu pink.
Lingkaran dan X: bermakna 'ya' atau 'tidak'. Ini digunakan untuk pengambilan keputusan, dan diwarnai merah untuk lingkaran dan biru untuk X.

"Pasti banyak yang berpikiran kenapa O dan X memiliki makna sebaliknya, seperti pada game-game buatan Eropa/Amerika, itu sebenarnya karena perbedaan kebudayaan saja. Di Jepang, lingkaran berarti 'ya', dan X berarti tidak ada." begitu tambahnya.





Sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Post