Rabu, 14 Desember 2011

Alasan Perempuan Lebih Sering Mengeluh Lelah Bercinta

Dibandingkan laki-laki, perempuan memang lebih sering mengeluh terlalu lelah sehingga malas untuk berhubungan seksual di malam hari. Tak hanya karena banyak pekerjaan, tapi ada faktor tubuh alami yang ternyata juga mempengaruhinya. Apa itu?


Secara alami, tubuh perempuan memang lebih mudah lelah untuk melakukan kegiatan di malam hari, termasuk untuk berhubungan seksual. Menurut studi hal ini dipengaruhi oleh ritme sirkadian tubuh perempuan yang lebih cepat dibandingkan laki-laki, sehingga membuatnya harus tidur lebih awal, seperti dilansir Topnews, Senin (12/9/2011).

Ritme sirkadian (jam biologis tubuh) perempuan berjalan enam menit lebih cepat dibandingkan dengan ritme sirkadian tubuh laki-laki. Inilah yang membuat perempuan cenderung lebih mampu bangun pagi tapi tertidur lebih awal di malam hari.

Peneliti dari Harvard University telah menemukan bahwa perempuan yang melaporkan mengalami insomnia terbangun terlalu dini (sebelum jam 5 pagi) sekitar 50 persen lebih sering dibandingkan laki-laki. Setelah bangun terlalu dini, biasanya perempuan akan mengalami kesulitan untuk tidur kembali.

Hasil studi ini membantu menjelaskan mengapa perempuan lebih mudah bangun di pagi hari, sementara pasangannya masih tetap tertidur.

Namun, sebagian perempuan mengalami kekurangan tidur yang kronis karena mencoba melawan siklus tubuhnya yang secara alami memang lebih cepat. Perempuan yang berusaha untuk tetap terjaga hingga larut malam umumnya tetap akan terbangun lebih cepat dibandingkan laki-laki, sehingga membuatnya mengalami kurang tidur.

"Yang kami temukan adalah bahwa panjang rata-rata siklus jam biologis pada perempuan lebih pendek dibandingkan laki-laki. Perbedaan rata-rata adalah sekitar enam menit," jelas Jeanne Duffy, salah satu penulis studi.

Namun menurut Charles Czeisler, profesor kedokteran tidur dan dokter di Harvard Medical School, jutaan perempuan berusaha melawan irama sirkadian tubuhnya yang lebih cepat setiap hari, sehingga lebih banyak perempuan yang mengalami kurang tidur.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Post