Kamis, 08 Desember 2011

Tragedi Jembatan Ambruk Paling Besar di Dunia

Mendengar berita runtuhnya Jembatan terpanjang di Kalimantan, Jembatan Kutai Kartanegara, yang berdiri di atas Sungai Mahakam, yang menghubungkan Tenggarong dengan Tenggarong seberang beberapa hari kemarin ternyata bukan satu-satunya didunia. Ada 11 yang kami rangkum disini peristiwa mengerikan runtuhnya jembatan jembatan besar dunia sepanjang sejarah.
11 tragedi mengerikan jembatan runtuh sepanjang sejarah:

1. Ashtabula River Railroad
Juga disebut Horor Ashtabula, adalah bencana kereta api terburuk dalam sejarah Amerika ketika terjadi di Ohio timur laut jauh pada 29 Desember 1876 pada 07:28 Sebagai Express Pasifik dibajak melalui salju dan menyeberangi jembatan di atas Ashtabula Sungai, sekitar 100 meter dari stasiun kereta api di Ashtabula, Ohio, para penumpang mendengar bunyi berderak mengerikan.
Hanya dalam hitungan detik, jembatan patah terjun 70 meter ke dalam jurang berair. Lokomotif 1 berhasil menyeberang jembatan, sedangkan lokomotif kedua dan 11 railcars termasuk didalamnya dua mobil express, dua mobil box, satu mobil asap, dua mobil penumpang dan tiga gerbong tukang rem mobil yang tidur dan jatuh ke dalam jurang di bawahnya, kemudian menimbulkan api yang mengamuk . Dari 159 penumpang dan awak pesawat malam itu, 64 orang terluka dan 92 tewas seketika atau meninggal kemudian.Dari luka yang diderita dalam kecelakaan itu (48 dari mereka yang tewas itu tidak dikenali karena terbakar.)

2.Jembatan Tay, Skotlandia
Tay Bridge dibangun pada abad ke-19 oleh insinyur kereta api Thomas Bouch, yang menerima gelar knighthood setelah selesai jembatan. Ini menghubungkan dua kota kecil di Skotlandia. Ulysses S. Grant sebenarnya berkomentar bahwa itu adalah "sebuah jembatan besar untuk sebuah kota kecil."
sekitar 07:15 malam terjadi badai tanggal 28 Desember 1879, navigasi bentang utama Jembatan Tay runtuh ke Firth of Tay di Dundee, dengan membawa kereta,6 gerbong dan 75 jiwa . Penyidik ​​cepat menentukan bahwa kolom besi cor silinder mendukung 13 bentang jembatan, masing-masing dengan panjang 245 kaki , mempunyai kualitas yang buruk.

3. Jembatan Silver , Sungai Ohio
Silver Bridge adalah jembatan gantung rantai eyebar dibangun pada tahun 1928 dan diberi nama silver karena warna cat dari jembatan itu. Jembatan menghubungkan Point Pleasant, West Virginia dan Kanauga, Ohio (dekat Gallipolis, Ohio) di atas Sungai Ohio. Pada tanggal 15 Desember 1967, Jembatan Perak ambruk pada saat jam sibuk lalu lintas , mengakibatkan kematian 46 orang. Investigasi dari reruntuhan menunjukan bahwa penyebab runtuhnya karena cacat kecil, dari satu mata rantai bar di suspensi. Peristiwa aneh telah menjadi tanda di daerah tersebut selama beberapa bulan sebelum keruntuhan, termasuk penampakan dari "Mothman," menyebabkan populernya buku Mothman 1975 oleh John A. Keel. Tahun 2002 yang diklaim "berdasarkan kisah nyata" , juga telah dibuatkan versi filemnya dengan judul yang sama

4. Jembatan Sunshine Skyway
dua jalur jembatan selesai pada tahun 1954. Rentang selatan (yang dibangun pada tahun 1969) telah dihancurkan pada 9 Mei 1980, ketika kapal barang Venture KTT SS bertabrakan dengan kolom penyangga selama badai.Tabrakan itu menyebabkan enam mobil dan bus Greyhound jatuh sedalam 150 meter, menewaskan 35 orang.
Seorang pria selamat ,Wesley MacIntire, saat musim gugur ketika truk pickup-nya mendarat di geladak Venture KTT sebelum jatuh ke teluk. Dia menggugat perusahaan pemilik kapal, dan menetapkan tuntutan sebesar $ 175.000 pada tahun 1984. Dia selalu menyesal menjadi satu-satunya yang bertahan hidup,dia meninggal pada tahun 1989. Hari ini, Sunshine Skyway Bridge, Florida's Tampa Bay merupakan jembatan terpanjang di dunia dengan rentang kabel tetap utama dengan panjang 29.040 meter

5.Jembatan Schoharie Creek ,NY
Schoharie Creek di New York mengalir dari kaki Indian Head di Pegunungan Catskill ke Sungai Mohawk. Pada pagi 5 April 1987, setelah 30 tahun dua bentang dari New York State jalan raya untuk lalu lintas cepat jembatan di atas Sungai Schoharie runtuh. Lima kendaraan jatuh ke sungai banjir, menewaskan sepuluh penumpang.

6. Jembatan Sungai Hatchie , Covington, Tenn
Musim dingin dari 1988-89 adalah satu sangat basah, dengan Sungai Hatchie mengalir pada tingkat banjir dari November 1988 hingga April 1989. Pada tanggal 1 April 1989, sebuah bagian 85-ft (26 m) dari (jembatan asli) jalur utara runtuh setelah dua bents tumpukan gagal dan menjatuhkan tiga jembatan bentang lebih dari 20 ft (6,1 m) ke sungai. Empat mobil dan sebuah trailer traktor jatuh ke dalam kesenjangan dan semua delapan penumpang kendaraan meninggal.


7. Queen Isabella Causeway, Texas
Pada pagi hari tanggal 15 Mei 2001, empat tongkang muatan menabrak salah satu dari kolom mendukung Ratu Isabella Causeway itu. Tiga 80-kaki bagian jembatan jatuh ke dalam air, meninggalkan celah besar di jalan. Bagian runtuh itu persis di samping titik tertinggi dari jalan lintas, sehingga sulit bagi pengemudi mendekati untuk melihat. Delapan orang tewas saat mobil mereka jatuh 85 kaki ke dalam air. Lima kendaraan keluar dari air bersama tiga korban. Keruntuhan memiliki dampak ekonomi yang signifikan pada wilayah sejak Causeway adalah satu-satunya jalan yang menghubungkan pulau ke daratan.

8.Bridge over I-40 di timur Oklahoma
Bagian 500-kaki jembatan ambruk pada Mei 2002 pukul 7:30 ketika tongkang di utara sungai itu menghantam sebuah tiang. Kendaraan penumpang setidaknya ada sembilan dan traktor-trailer jatuh 60 meter ke Sungai Arkansas di bawahnya.
Tujuh orang tewas dalam tragedi yang mengerikan itu. Seorang pengemudi truk yang traktor-trailernya terjun ke sungai itu mengatakan dia melakukan sesuatu yang tidak biasa yang mungkin menyelamatkan hidupnya. Rodney Tidwell berkata, "Aku punya sabuk pengaman ini untuk pertama kalinya."

9. Jembatan Arroyo Pasajero , California
Pada malam 10 Maret, 1995 soggy selatan California dekat Coalinga, jembatan kembar Carrier Interstate 5 Pasajero Arroyo runtuh, menewaskan tujuh orang. Arroyo yang berpasir, dan biasanya kering, itu tidak kuat menahan banjir yang deras, yang menggerus sekitar fondasi jembatan yang menjadi penyebab keruntuhan jembatan ini.


10. Jembatan Minneapolis
Sebanyak 50 kendaraan yang terjebak dalam reruntuhan keruntuhan jembatan antarnegara. Lima orang dikonfirmasi tewas (diperkirakan akan meningkat), dan pejabat mengatakan sedikitnya 62 orang terluka ketika Interstate 35W jembatan di atas Sungai Mississippi runtuh selama hari Rabu malam jam-jam sibuk di Minneapolis. Dua puluh sampai 30 orang hilang.

11.Jembatan Koror-Babeldaob
Jembatan Koror-Babeldaob (KB Bridge) adalah jembatan sepanjang 790 kaki yang menghubungkan dua pulau. Dibangun dengan menggunakan metode kantilever pada akhir tahun 1970. Konstruksi sosial telah menawarkan untuk membangun jembatan pada setengah biaya dari perusahaan yang terbukti kompetitif.
Daya tahan jembatan masih dipertanyakan dan warga mengambil langkah keselamatan sendiri seperti mengemudi perlahan di atasnya atau menjaga jendela terbuka sehingga memberikan pintu darurat jika ada kasus keruntuhan.Setelah 18 tahun jembatan runtuh tiba-tiba dan serempak pada tanggal 26 September 1996 dan mematikan suplai air tawar dan listrik antara pulau. Selain itu, keruntuhan menewaskan dua orang dan melukai 4 lagi.


12. Jembatan Tacoma Narrows ,
runtuh pada tanggal 7 November 1940. Tidak ada korban meninggal dalam runtuhnya jembatan tsb, akan tetapi menarik perhatian luas pada saat itu. Kegagalan jembatan terjadi ketika mode memutar yang sebelumnya pernah diketahui terjadi dari angin ringan pada 40mph.
Penghancuran jembatan Spektakuler sering digunakan sebagai sebuah obyek pelajaran untuk mempertimbangkan baik atau tidaknya aerodinamis dan efek resonansi dalam rekayasa struktural dan sipil.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Post