Kamis, 22 Desember 2011

Harta Kekayaan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas)


Edhie Baskoro Yudhoyono (lahir di Bandung, 24 November 1980; umur 31 tahun) adalah putra bungsu dari Presiden Republik Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono. Ibas, sapaan akrabnya, meraih gelar Bachelor of Finance and E-Commerce tahun 2005 dari Curtin University, Perth, Australia. Ibas kemudian melanjutkan studinya di Rajaratnam School of International Studies, Nanyang Technological University, Singapura, dimana ia meraih gelar masternya pada tahun 2007 dengan spesialisasi Ekonomi Politik Internasional.

Ia lulus dengan disertasi berjudul “Revitalization of Indonesia’s Economy: Attempts to Solve the The Twin-Critical-Economic Problems and To Build Foundation for Future Economic Development".

Pada tahun 2009, Ibas berkecimpung dalam perpolitikan Indonesia dengan mencalonkan diri sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari Daerah Pemilihan VII Jawa Timur, mewakili 5 daerah: Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Magetan, dan Ngawi. Ibas terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat pada bulan April 2009 dengan perolehan suara tertinggi se-Indonesia: 327.097 suara. Sebagai anggota DPR RI, ia ditunjuk sebagai anggota Badan Anggaran dan Komisi I DPR RI yang membidangi hubungan luar negeri, pertahanan, dan informasi dan komunikasi.

Saat ini Ibas aktif sebagai politisi Partai Demokrat, partai yang memenangkan Pemilihan Umum tahun 2009. Karirnya di Partai Demokrat diawali dengan penunjukan sebagai Ketua Departemen Kaderisasi. Setelah Kongres II Partai Demokrat di bulan Mei 2010, ia dipercaya sebagai Sekretaris Jenderal untuk mendampingi Ketua Umum Terpilih Partai Demokrat, Anas Urbaningrum. Penunjukan tersebut menjadikannya sebagai Sekretaris Jenderal partai politik termuda di Indonesia. Ia juga menjabat Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Promosi Internasional, Pariwisata, Seni Budaya, dan Olah Raga periode 2010-2015.

Pada 24 November 2011, Ibas melangsungkan akad nikah dengan Siti Ruby Aliya Rajasa di Istana Cipanas. Pernikahan bernuansa adat Palembang. Aliya adalah putri Hatta Rajasa, Menko Perekonomian RI. Sumber: wikipedia


Harta kekayaan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas)
Harta kekayaan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) yang tercatat di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tercatat Rp4,426,373,943 (Rp4,426 miliar). Itulah yang dilaporkan oleh putra Susilo Bambang Yudhoyono itu saat pertama kali menjabat anggota DPR dari Fraksi Demokrat pada 7 Desember 2009.

Harta Ibas terdiri dari harta tidak bergerak berupa tanah dan bangunan seluas 1.120 m2 dan 250m2 di Kabupaten Bogor, Jawa Barat senilai Rp815 juta. Harta bergerak berupa alat transportasi, pria kelahiran Bandung 24 November 1980. itu, memiliki satu buah mobil bermerek Audi seharga Rp1,1 miliar.

Dalam data yang diakses dari pojok antikorupsi di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (29/11), itu, juga terpampang kalau Ibas memiliki surat berharga senilai Rp500 juta, giro dan setara kas lainnya Rp2,011 miliar dan US$85,136.Sabtu pekan lalu (26/11), Ibas baru saja merayakan resepsi pernikahannya dengan Aliya Rajasa, putri Hatta Rajasa, di Jakarta Convention Centre. Tempo.co melansir, biaya pernikahan Ibas-Aliya itu sebesar Rp20 miliar.

Jakarta Post memberitakan, sebuah rumah di Jl. Cik Di Tiro No. 62, Menteng, Jakarta Pusat seharga Rp16 miliar dibeli oleh Ibas.

Sementara itu, Fitra menilai pembelian rumah seharga Rp16 miliar oleh salah satu anggota DPR, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) semakin memperkuat dugaan kehidupan hedonisme di kalangan politisi. “Tidak lazim seorang anggota DPR yang bergaji sebesar maksimal Rp50 jutaan, masak bisa beli rumah di Menteng,” kata Koordinator Advokasi Fitra, Uchok Kadafi kepada gresnews.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Post