Jumat, 23 Desember 2011

BamGoo, Mobil Ramah Lingkungan yang Aneh

Baru dikeluarin mobil ramah lingkungan karena memakai listrik. namanya BamGoo.



Saat ini produsen otomotif ramai-ramai memproduksi dan memamerkan teknologi mobil ramah lingkungan, Begitu pula dengan Sejumlah mahasiswa dari Kyoto University yang dibantu oleh pemerintah kota Kyoto membuat mobil yang terbuat dari bahan alami.

Namun Peduli terhadap lingkungan bukan berarti harus jauh dari teknologi bukan. Begitulah prinsip yang dipegang Kazumi Matsushige, yang berhasil menciptakan mobil ramah lingkungan dari bambu ini.
Bersama para peneliti di Venture Business Laboratory Universitas Kyoto, Jepang, Matsushige menciptakan mobil bambu atau yang dikenal dengan Bamgoo. Mobil ini terbuat dari bambu dan digerakkan denfgan energi listrik.

Bamgoo yang dipamerkan di Kyoto 14 November lalu, memiliki berat 60 kg, panjang 2,7 meter, lebar 1,3 meter dan tinggi 1,65 meter.

Mobil yang hanya menyediakan satu tempat duduk bagi pengendara tersebut, Mobil ini menggunakan tenaga listrik dan dapat menempuh jarak 50 km sebelum di isi ulang kembali.
Menurut Matsushige, Bamgoo merupakan mobil yang didesain khusus sehingga aman bagi pengendaranya.
Dia menjamin orang yang mengendarai mobil ini akan merasa nyaman dengan desain dan teknologi dari bambu.

Dirinya juga mengatakan, dalam teknologi modern keselamatan merupakan faktor penting yang tidak boleh ditinggalkan.

Menurut Matsushige,orang yang peduli pada lingkungan tidak harus jauh dari teknologi. "Perduli dengan lingkungan tak harus menggunakan sepeda. Tapi, kembangkanlah imajinasi dan pemikiran untuk menciptakan teknologi demi terciptanya lingkungan yang sehat." katanya.

Penemuan pria yang mendirikan Kyoto University Venture Business Laboratory (KUVBL) pada 1995 itu ternyata dipublikasikan pula pada media The New York Times.

Produk ini dianggap selaras dengan harapan Asosiasi Transportasi Lingkungan (ETA) yang menyarankan agar industri automotif dunia mulai menggunakan produk-produk dari alam, seperti kayu, bambu, kulit kacang dan jerami Hide mobil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post