Kamis, 24 November 2011

10 Tempat Paling Angeker Berhantu di Jakarta

RUMAH PONDOK INDAH
Lokasi: Jln. Metro Pondok Indah, Jak-Sel
Fenomena: Penampakan hantu bapak-bapak dan perempuan.
Sejarah: Ma
sih ingat ramainya pembicaraan di akhir September 2002 tentang hilangnya seorang tukangnasi goreng di depan rumah kosong ini? Kejadian ini jadi menghebohkankarena di depan rumah tersebut hanya tertinggal gerobak nasi gorengnya.Konon katanya,malam sebelum hilang tukang nasi goreng tersebut hendak mengantar nasigoreng yang dipesan oleh seorang perempuan ke dalam rumah. Namun, ia tak pernah keluar lagi. Mengenai sejarah rumah itu, konon seisi keluarga pemilik rumah ini tewas dalam peristiwa perampokan bermotif persaingan bisnis. Sejak itu, banyak orang yang lewat kerap melihat jelmaan hantu seperti hantu bapak-bapak dan hantu perempuan. Namun, akhir-akhir ini sudahtidak banyak kejadian horor yang dilaporkan terjadi di rumah ini.Bahkan beberapa waktu lalu, rumah ini sempat dijadikan tempat bermalampara tunawisma.

Testimonial: Sekitar tahun 2002, Nurdin (32), penjual gula
i dan soto di sekitar Pondok Indah, mengaku pernah melihat hantu yang menyerupai bapak-bapak hilir-mudik di halaman depan rumah ini.


TAMAN KOTA LANGSAT, MAYESTIK
Lokasi: Di belakang pasar burung Barito Jak-Sel.
Fenomena: Kuntilanak dan
genderuwo
Sejarah: Taman Langsat ini s
ebenarnyamerupakan fasilitas olah raga dan bersantai yang cukup lengkap. Didalamnya tumbuh pepohonan yang asri. Hanya saja, tidak banyak orang yang memanfaatkan fasilitas ini. Karena sepi, taman kota ini pun menjadi angker, terutama pada malam hari. Konon pada malam hari, warga kerap melihat kuntilanak di pohon-pohon di taman Langsat.

Testimonial: Kisah hantu dan orang-orang yang kesurupan bukan lagi barang baru bagi Ibu Rahmat (34), penjual rokok di tepi taman Langsat, yang sudah 25 tahun membuka kios rokok tersebut. Suatu ketika, tamu yang sedang kongkow di warungnya pernah pamit pada jam 1 pagi karena mengaku melihat genderuwo. Setiap kaliberjaga malam, Syamsuri (21), Satpam yang telah bertugas selama 3 tahundi Taman Langsat, sering mencium bau-bau aneh dan mendengar suara-suaratertawa yang tak jelas sumbernya.

RUMAH KENTANG PRAPANCA
Lokasi: Jln. Dharmawangsa 9, Jak-Sel, persis di sebelah salah satu club terkemuka di daerah ini.Fenomena: Hantu anak kecilSejarah:Konon, di rumah ini ada seorang anak kecil yang terjatuh ke dalam kualiyang sedang digunakan untuk merebus kentang. Apabila Anda sedang‘mujur’ dan lewat di depan rumahnya, Anda dapat mencium aroma kentangrebus dan mendengar suara anak kecil menangis.

Testimonial:Agip (24) sudah menjaga kios rokok di depan rumah ini sejak tahun 1997.Agip mengaku sering mencium aroma kentang rebus, terutama menjelangmalam, meskipun rumah kosong ini sempat ramai karena disewa olehekspatriat.


LINTASAN KERETA BINTARO
Lokasi: Bintaro, Jakarta SelatanFenomena: Makhluk menyeramkan korban tabrakan keretaSejarah: Pada19 Oktober 1987, terjadi kecelakaan kereta yang menewaskan ratusanorang di dekat Stasiun Sudimara, Bintaro. Di lintasannya sendiri jugasudah berulang kali terjadi kecelakaan yang memakan korban nyawa.Konon, lintasan ini dianggap angker karena sering terdengar suara orangmenangis dan menjerit.

Testimonial:Imam (31), teknisi rel yang bekerja sejak tahun 1996. Ia pernah melihatmakhluk yang wujudnya seperti orang berbalut sarung hitam. Meski keretasudah bolak-balik lewat melindasnya, makhluk ini tak mau pergi sepertisengaja meledek. Akhirnya di rel tersebut diadakan pemotongan kerbau.Ia juga pernah bertemu makhluk serupa perempuan Belanda di zamankolonial, dan kuntilanak melintas di rel.


JEMBATAN ANCOL
Lokasi: Jembatan Ancol (eks jembatan goyang), Pantai Ancol, dan daerah lain sekitar Ancol, Jak-UtFenomena: Siti Ariah Si Manis Jembatan Ancol (populer dengan sebutan Maryam setelah kisahnya diangkat ke layar kaca)Sejarah:Pada 1995, seorang pelukis di Ancol didatangi seorang perempuan yangmeminta dilukis. Ketika pelukis baru menggambar setengah bagiantubuhnya, perempuan itu menghilang. Warga percaya bahwa perempuan ituadalah Si Manis Jembatan Ancol. Mitos ini sudah dimulai puluhan tahunsebelumnya. Di tahun 60-an ketika daerah Ancol masih berupaempang-empang, seorang pendayung perahu pernah bertemu dengan Si Manis.Perempuan itu naik perahu malam-malam ddan membayar pendayung tersebutdengan daun. Keterangan ini didapat dari Kostan Simatupang (65),seorang fotografer keliling di Ancol, teman dari pendayung perahu tadi.

Testimonial:Anshori (38), penjual rokok di dekat pintu keluar Ancol, mengaku pernahmelihat Siti Ariah dari dekat. Ia membuka pertama kali kios rokoknya disini pada 1990, tepatnya di samping jembatan goyang. Saat itu malamJumat, Anshori sedang menunggui kiosnya, agak gerimis. Sekitar pukul 1pagi, lewat seorang perempuan. Ketika sudah agak jauh, perempuan ituberbalik arah menghampiri kios Anshori sembari tersenyum. Anshorimenyapa perempuan yang dikiranya calon pembeli dagangannya itu. JarakAnshori dengan perempuan itu kira-kira 50 cm. Menurut Anshori,perempuan itu berwajah manis, serta memakai kemeja kuning dan rokabu-abu. Setelah ditanya hendak belanja apa, perempuan itu menghilang.Meski tidak memakai pakaian serba putih, Anshori yakin perempuan ituadalah Si Manis Jembatan Ancol. Semenjak kejadian itu, Anshori merasadagangannya kian laku dan rejekinya semakin lancar.


KLENDER
Lokasi: Klender, Jak-TimFenomena: Makhluk korban kebakaran kerusuhan Mei 1998.Sejarah:Saat kerusuhan Mei tahun 1998, ada salah satu pertokoan di daerahKlender yang dijarah dan dibakar massa. Kebakaran ini menyebabkanratusan korban jiwa, di antaranya pegawai pertokoan, pengunjung, danpara penjarah. Usai kerusuhan tersebut, dilaporkan banyak kejadiananeh, misalnya, segerombolan orang menyetop angkot di depan pertokoan,ketika sudah jalan sekitar 100 meter, semua penumpang angkot tersebutwajahnya berubah menjadi hangus. Semenjak pertokoan ini dibangun danramai kembali di tahun

2000, sudah tidak banyak lagi kejadian mistisdi sekitarnya. Ini mungkin juga karena warga masih menghormati danmemperingati hari berkabung setiap tanggal 14 Mei. Namun demikian,menurut penuturan warga, jika Anda duduk sendiri di sebelah boothtelepon koin di halaman pertokoan pada malam Jumat pukul 1 pagi, Andaakan ditemani oleh sosok lain di dekat Anda. Dahulu, sekitar 15 jenazahkorban kerusuhan sempat ditampung sebelum dievakuasi di sekitar teleponumum tersebut.

Testimonial:Ali (21) warga asli Klender, pada 2002, bersama dua orang sepupunyamelakukan ghost-hunting di basement salah satu pertokoan di daerahKlender. Saat itu hari Rabu malam, ia membakar kemenyan dan madat,serta membawa sesajen berupa kopi hitam. Sekitar jam 2 pagi tercium baudaging terbakar yang sangat menyengat. Tak berapa lama kemudian,muncullah dua sosok makhluk; yang satu penuh darah di sekujur tubuhnya,yang satu lagi hangus terbakar dengan tubuh yang tak lengkap.


TEROWONGAN CASABLANCA
Lokasi: Jln. Basuki Rachmat, Jak-TimFenomena: Sosok menyeberang jalan, di antaranya nenek-nenek bersama cucunya dan perempuan cantik.Sejarah:Dibangun di atas tanah pekuburan, terowongan Casablanca terbilangangker. Menurut beberapa warga Casablanca, ketika pembongkaran kuburantersebut, bahkan ada 1 jenazah yang masih utuh. Dari terowonganCasablanca sampai kira-kira radius 40 meter sesudahnya, banyak terjadikecelakaan yang penyebabnya tidak masuk akal. Biasanya karenapengendara motor atau mobil melihat sesosok perempuan tiba-tibamenyeberang di hadapan kendaraannya, sehingga pengemudi kendaraantiba-tiba banting setir dan menabrak pembatas jalan. Menurut warga, adabaiknya ketika melewati terowongan ini, pengemudi kendaraan membunyikanklakson untuk “menyapa” penghuni terowongan. Akhir tahun 90-an, seoranglaki-laki separuh baya ada yang menggantung diri dengan spanduk disini. Jadilah tempat ini semakin angker.

Testimonial:Menurut Ibu Yati Mustofa (43), warga yang tinggal di dekat terowonganCasablanca, warga kerap mendengar suara tangisan, ketika sumber bunyidihampiri, suara itu berpindah-pindah.


LUBANG BUAYA
Lokasi: Pondok Gede, Jak-TimFenomena: Arwah korban G.30S dan aura penyiksaan yang masih terasa.
Sejarah:Pada 30 September 1965, ditemukan jenazah 6 brang jenderal dan seorangletnan TNI dikubur di dalam sumur ini. Di sebelah sumur tersebut,terdapat ruang yang 7 di dalamnya terisi patung patung patung replikadan terdengar suara yang menceritakan penyiksaan terhadap ketujuhpahlawan tadi. Di sebelah ruangan tadi terdapat dua rumah lengkapdengan perabot asli. Rumah-rumah tadi disebut sebagai pos komando dandapur umum pasukan PKI. Kemudian, dibangunlah Monumen Pancasila Saktiuntuk menghormati jasa ketujuh pahlawan tadi.

Testimonial:Hartono (48), warga Lubang Buaya, sudah tak asing lagi dengan ceritapenampakan di sekitar lokasi museum dan sumur. Dia banyak mempunyaiteman yang bercerita pernah melihat sosok kuntilanak bila melewatidaerah Lubang Buaya di malam hari. Namun dia tak pernah menyaksikansendiri. Seorang petugas penjaga loket Sumur Maut yang tidak maudisebutkan namanya mengaku pernah mendengar suara derap sepatu bootsseperti tentara yang sedang berbaris di suatu malam


TPU JERUK PURUT
Lokasi: Kelurahan Jeruk Purut, Jak-SelFenomena: Pocong, tuyul, kuntilanak, kuntilanak-laki, and if you’re lucky, Pastur Kepala Buntung.
Sejarah:Pada tahun 1986, seorang penjaga makam TPU Jeruk Purut yang sedang jagamalam melihat sesosok pastur tak berkepala melintas di antara makam.Pastur itu menenteng kepalanya sendiri dan di belakangnya, ikut seekoranjing. Konon, pastur ini “salah pulang”. Ia mencari-cari makamnya yangsebenarnya berada di unit Kristen TPU Tanah Kusir, sedangkan di TPUJeruk Purut hanya ada unit Islam. Sapri Saputra, penjaga makam yangmelihat pastur kepala buntung itu, hingga kini masih menjaga makam dandianggap kuncen atau orang yang dituakan di TPU Jeruk Purut. KesaksianBapak Sapri ini kemudian menyebar luas se-Jakarta dan hingga kini “SangPastur Kepala Buntung” menjadi legenda horor di Jeruk Purut. Konon,jika Anda ingin menemui pastur legendaris ini, Anda harus datang padamalam Jumat dengan jumlah ganjil (sendiri atau bertiga).

Testimonial:Sejak kecil, Asmari (34), juniornya Bapak Sapri, telah terbiasa tinggaldi areal pemakaman Jeruk Purut. Ayahnya adalah pegawai Pemda yangbekerja di sana. Semenjak lulus SD (1986), Asmari menjadi pengurusmakam non-karyawan TPU Jeruk Purut mengikuti jejak ayahnya. MenurutAsmari, pengalaman bertemu dengan makhluk-makhluk gaib merupakan halyang biasa baginya; mulai dari pocong, tuyul, kuntilanak, kuntilanaklaki, dan lain-lain. Akan tetapi, hingga saat ini dia belum pernahbertemu dengan Sang Pastur Kepala Buntung. “Yang paling jahil itukuntilanak-laki,” tutur Asmari. Ketika sedang ronda, Asmari pernahditimpuki kerikil dari atas pohon melinjo oleh makhluk ini. Tapi, darisemua pengalaman Asmari bertemu dengan makhluk gaib, yang palingmenarik adalah ketika bertemu dengan tuyul. Pada suatu hari menjelangmalam di tahun 1986, Asmari hendak pulang ke rumah bersama ayahnya.Mereka melihat seorang anak kecil telanjang bulat berlarian di antaramakam sambil tertawa-tawa. Anak itu lalu berteriak meminta uang padaAsmari. Asmari heran karena anak itu tak dikenalnya, sementara iamengenal semua penduduk di kampung belakang Jeruk Purut. Dulu memanghanya ada satu kampung yang penduduknya tidak terlalu banyak. Ketikaditanya latar belakangnya, anak kecil mi malah lari ke dalam keramat,sebuah rumah makam tradisional Betawi. Asmari mengikutinya hingga kedalam keramat dan, bisa ditebak, anak itu menghilang.

RS DI JALAN SALEMBA
Lokasi: RS di Jln. Salemba, Jak-PusFenomena: Suster ngesotSejarah:Konon di sinilah asal-usul Suster Ngesot. Selai itu, banyak juga kasuspenampakan yang terjadi di bangunan rumah sakit yang cukup tua ini.
Testimonial:Menurut petugas Secure Parking yang tidak mau disebutkan namanya,setiap malam sekitar pukul 2 pagi, sering ada yang mengetuk pos pintumasuk yang terletak di dekat rumah duka. Namun ketika dicek, tidak adasiapa-siapa. Di UGD sering terdengar bunyi orang main air, ketika dicekjuga tidak ada siapa-siapa. Para satpam yang berjaga malam pernahmenemui sosok perempuan. Ketika melihat sosok ini, mereka sepertitersihir dan tidak bisa berteriak atau lari hingga perempuan ini lewat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post