Selasa, 06 Desember 2011

Tanaman Hidup di duga dari Zaman Es Ditemukan Ilmuwan


Para ilmuwan menemukan tanaman yang hidup dalam gua gelap untuk menghindari matahari tropis. Menurut mereka, terdapat dugaan kuat tanaman ini dari zaman es.

Ilmuwan menemukan jelatang aneh di gua di Yunna dan Provinsi Guanxi di China. Tanaman ini mampu hidup di kondisi cahaya 0,02% normal yang artinya hampir gelap total. Menurut ilmuwan, ini menjadi indikasi ada hal sangat aneh mengenai evolusi tanaman ini.

Peneliti yakin, tanaman yang seharusnya mengering di zaman es ini mampu hidup dan membuatnya menjadi spesies unik.

“Gua kapur ini sangat tua. Sangat aneh menemukan tanaman ini di tempat biasa menemukan film ganggang ini,” papar peneliti Alex Monro.
Peneliti dari Natural History Museum Inggris ini mengaku sedang mengerjakan beberapa hipotesa bagaimana tanaman ini bisa muncul di gua gelap ini dan bagaimana ia mampu bertahan di cuaca zaman es.
Zaman es terakhir terjadi pada 30.000 tahun silam dan banyak spesies yang mengering dengan mudah saat itu. Namun, spesies yang mampu bertahan dari lingkungan semacam itu jelas sangat unik.

Menurut Monro seperti ditulis DM, “Tanaman ini diduga melakukan fotosintesis dengan sangat cepat yang membuatnya mampu memanfaatkan cahaya yang sangat sedikit dengan maksimal."membuatnya mampu memanfaatkan cahaya yang sangat sedikit dengan maksimal."

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Post