Kamis, 08 Desember 2011

Mau Tahu Pendidikan Tinggi Korea Seperti Apa?


Apakah kecintaanmu pada hallyu (budaya Korea) mendorongmu pergi kuliah ke sana? Jika ya, pastikan kamu mengetahui sistem pendidikan tinggi di Negeri Ginseng tersebut.

Enggak jauh berbeda dengan sistem pendidikan tinggi di negara lain, termasuk Indonesia, di Korea juga kita akan menemukan universitas dengan berbagai fokus kajian. Beberapa tingkat pendidikan tinggi mulai dari diploma hingga doktoral juga ada di Korea.

Di Korea, kamu bisa memilih jenis pendidikan yang ingin kamu masuki. Mereka menyediakan pilihan pendidikan tinggi yakni industri, kejuruan, teknik, keguruan, pendidikan tinggi umum, dan universitas terbuka nasional.

Sama seperti di Indonesia, pendidikan tinggi negeri (PTN) juga dikelola oleh negara dan pemerintah daerah berdasarkan tujuan utama pendiriannya. Sedangkan klasifikasi perguruan tinggi swasta (PTS) adalah perguruan tinggi yang pengelolaannya dipegang oleh manajemen non-pemerintah.

Pemerintah Korea menerapkan sistem otonomi dan penetapan kondisi dasar dalam proses seleksi masuk perguruan tinggi di Korea. Secara umum, tiap kampus di Korea menyaring calon mahasiswanya melalui berbagai tahap termasuk ujian matematika, ujian esai, penyertaan sertifikat dan surat rekomendasi.

Ada 412 perguruan tinggi di Korea. Jumlah ini terbagi atas 175 perguruan tinggi sarjana, 152 perguruan tinggi vokasi yang menyediakan program diploma tiga (D-3) dan 36 perguruan tinggi dengan kekhususan pascasarjana.

Negara penyebar 'virus' K-Pop ini juga memiliki 17 perguruan tinggi berbasis internet (cyber university), serta sekira tujuh perguruan tinggi industri dan kategori perguruan tinggi lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Post