Rabu, 21 Desember 2011

Helicoprion, Makhluk Prasejarah Unik Dari Zaman Triassic

Jika kita berpikir bahwa cryptid Jepang yang dikenal dengan nama Ningen itu aneh, maka apa yang anda pikirkan tentang makhluk yang satu ini? Hewan eksotik ini dikenal dengan nama Helicoprion, salah satu makhluk prasejarah yang pernah hidup hingga awal era Triassic.

Helicoprion masih kerabat dekat dari hiu, salah satu hewan yang mampu bertahan hidup hingga saat ini. Helicoprion diperkirakan bertahan hidup hingga awal era Triassic sekitar 225 juta tahun yang lalu, sampai akhirnya punah.


Ahli purbakala memperkirakan bahwa helicoprion merupakan salah satu hiu prasejarah yang memiliki struktur rahang yang unik. Dengan ukuran tubuh yang bisa mencapai 15 kaki, bisa dibayangkan jika hewan ini masih berkeliaran di laut di era modern ini.

Helicoprion Bessenovi
Jika kita lihat gambar dari Helicoprion, susunan giginya tampak berbeda dengan hiu pada umumnya,namun helicoprion memiliki kesamaan dengan kerabat dekatnya itu. Gigi - giginya juga akan tanggal dan akan digantikan dengan gigi yang baru. Gigi yang menyerupai seperti gergaji ini sangat tajam dan digunakan untuk membunuh mangsanya dengan mudah.


Para ahli beranggapan bahwa gigi - gigi yang terbentuk di rahang bawahnya bisa menghambat pergerakan dari hewan ini sendiri, karena jika hewan ini berenang dengan kecepatan tinggi, maka akan mempengaruhi keseimbangannya. Karena itu, para ahli menganggap bahwa helicoprion memangsa hewan - hewan kecil dan lunak. Beberapa ahli purbakala bahkan mengatakan jika makanan utama hewan ini adalah ammonites, sejenis kerang purbakala.





Meskipun gambar rekonstruksinya telah dirilis, tetapi saya merasa ada yang janggal dengan hewan ini. Jika kita lihat fosil yang ditemukan, tampak hanya bagian yang disinyalir rahang bawah helicoprion. Saya kembali heran, bagaimana para ahli purbakala itu merekonstruksi bentuk hewan ini hanya dengan penemuan satu fosil itu saja.


Rekonstruksi Fosil menurut forgetomori
Saya mencoba googling untuk mencari fosil helicoprion lainnya, sayangnya saya tidak dapat menemukannya. Semua gambar mirip, hanya berbeda ukuran gambarnya saja, jadi saya heran tentang bagaimana ahli purbakala itu merekonstruksinya.

Menurut saya, fosil yang diduga rahang bawah helicoprion itu mirip dengan fosil ammonites, sejenis kerang prasejarah, walaupun agak sedikit berbeda. Tetapi, saya bukan ahli purbakala, hanya pendapat dari seseorang yang awam dan penasaran tentang fosil hewan ini.



Bagaimana? mirip ndak?

Oh iya, hewan ini telah diidentifikasi klasifikasinya dalam sains, berikut datanya :
Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Class : Chondrichthyes
Order : Eugeneodontida
Family : Agassizodontidae
Genus : Helicoprion

Spesies : H. ferrieri,H. sierrensis,H. nevadensis,H. davish,H. bessonovi (holotype),H. ergasaminon,H. mexicanus
Mungkin ini adalah salah satu jenis hiu purbakala yang jarang diketahui publik. Jika hewan ini benar - benar pernah eksis di bumi, maka hiu ini adalah hiu paling unik yang pernah hidup.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Post