Rabu, 23 November 2011

Susu Kedelai Bermanfaat Untuk Ibu Hamil

Susu kedelai bisa dijadikan sebagai susu alternatif dari susu sapi, karena ada sebagian ibu hamil merasa mual jika meminum susu sapi. Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil sangat banyak, karena kandungan susu kedelai kaya nutrisi sehingga dapat memenuhi kebutuhan vitamin bagi ibu hamil dan calon buah hati.


Susu kedelai juga sangat cocok untuk ibu hamil yang alergi terhadap lactosa. Beberapa kandungan nutrisi yang terdapat di dalam susu kedelai antara lain protein, asam folat, lemak nabati, karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin B, vitamin E, isoflavon dan kalsium.

Kandungan protein pada susu kedelai bermanfaat untuk ibu hamil karena protein pada susu kedelai tersusun oleh sejumlah asam amino penting. Protein bermanfaat untuk memelihara fungsi organ-organ pada ibu hamil, menambah daya tahan tubuh, pertumbuhan janin, perbaikan jaringan yang rusak dan mengoptimalkan pertumbuhan organ pada janin.

Kandungan asam folat bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan sel-sel syaraf pada janin yang sangat diperlukan pada persiapan kehamilan dan kehamilan trimester pertama. Asam folat ini banyak terdapat pada sayuran hijau serta kacang-kacangan, termasuk kacang kedelai.

Kandungan serat berfungsi untuk kelancaran sistem pencernaan ibu hamil, karena sistem pencernaan yang kurang lancar akan mempengaruhi metabolisme tubuh dan zat-zat gizi yang dapat berakibat langsung pada perkembangan janin. Sedangkan vitamin A pada susu kedelai dapat membantu kelancaran fungsi organ penglihatan dan pertumbuhan tulang pada janin.

Itulah sekelumit tentang manfaat susu kedelai untuk ibu hamil, moga bermanfaat untuk kesehatan ibu dan janin. Anda juga bisa membaca manfaat air kelapa muda bagi kesehatan dan penyebab sakit maag pada wanita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Post