Minggu, 20 November 2011

Danau Unik Terbaik di Indonesia

Disebut danau kawah (crater lake atau volcanic lake) karena danau tersebut sejatinya memang merupakah massa air yang menutupi permukaan kawah gunung api. Sekitar 12% dari 700-an gunung api yang ada di bumi kawahnya tertutupi oleh massa air.
Berikut 10 Danau kawah paling unik di Indonesia.

Quote:

1. Danau Kawah Kelud
danau ini terletak di puncak gunung Kelud, tak lain dan tak bukan adalah kawah gunung Kelud Itu sendiri. Panoramanya indah meskipun butuh perjuangan untuk mencapainya.
Spoiler for danau kawah kelud:
[imagetag]

keuniknya adalah ;anda tak kan pernah lagi bisa menikmati keindahan Danau Kelud sejak tahun 2008 yang lalu karena danau itu kini sudah menghilang digantikan oleh kubah lava gunung kelud.
Spoiler for Proses munculnya kubah lava gunung kelud:
[imagetag]

Spoiler for Kubah lava makin besar, air danau mulai hilang:
[imagetag]

Spoiler for Kubah lava atau anakan gunung kelud sekarang, danau nya pun menghilang:
[imagetag]

Anakan gunung kelud ini dinamakan Gunung Tunggul Argo yang berarti tumbuh. dameternya mencapai 469 meter dengan ketinggian 250 meter.

2.Danau Gunung Tujuh, Jambi

Disebut Danau Gunung Tujuh karena benar benar teletak di puncak tujuh gunung yaitu Gunung Hulu Tebo (2.525 meter), Gunung Hulu Sangir (2.330 m), Gunung Madura Besi (2.418 m), Gunung Lumut yang ditumbuhi berbagai jenis lumut (2.350 m), Gunung Selasih (2.230 m), Gunung Jar Panggang (2.469 m), dan Gunung Tujuh (2.735 m).
Spoiler for danau gunung 7:
[imagetag]

Danau Tujuh Gunung sejatinya merupakan danau kaldera yang terbentuk akibat kegiatan gunung berapi di masa lampau. Terletak di ketinggian 1.996 m dpl menjadikan danau sebagai danau tertinggi di Asia Tenggara. Danau ini sering ditutupi kabut dengan suhu rata-rata 17 0C. Luas Danau ± 960 ha dengan panjang berkisar 4,5 km dan lebar 3 km. Danau Tujuh Gunung terletak di dalam Kawasan Taman Nasional Kerinci Sablat, Kabupaten Kerinci, Propinsi Jambi. Untuk mencapai danau ini benar benar membutuhkan perjuangan (baik dari arah Jambi, maupun dari arah Kota Padang, Sumatera Barat). Dan kini dijadikan Ikon pariwisata propinsi Jambi.

3.Danau Segara Anak

Danau segara anak terletak di puncak Gunung Rinjani, Pulau Lombok, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Gunung Rinjani (3726 m dpl) merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia. Air panas segara anakan dipakai oleh para pengunjung untuk terapi kulit. Danau seluas 11 kilometer persegi ini sepertinya menjadi danau kawah gunung api terluas di Bumi. Di dalam danau ini hidup berbagai jenis ikan, sedangkan di tengah danau muncul gunung api kecil yang masih aktif dan oleh masyarakat setempat disebut sebagai gunung Barujari yang setiap saat tumbuh semakin besar dan tinggi.
Spoiler for Danau Segara Anak:
[imagetag]


4.Danau Kalimutu

Danau Kalimutu merupakan tiga danau yang terletak di Gunung Kalimutu (1639 m dpl). Gunung berapi aktif di pulau Flores Propinsi Nusa Tenggara TImur. Ketiga danau tersebut memiliki keunikan karena dapat berubah warna setiap waktu. Masing masing danau itu bernama, Tiwu Ata Mbupu or "Danau Orang Tua" warna airnya biasanya bewarna biru, lalu berubah menjadi hitam kemudian menjadi coklat tua. Danau ke dua bernama Tiwu Nuwa Muri Koo Fai atau "Danau Pemuda dan Pemudi airnya bisanya bewarna hijau atau bewarna aquamarine. Sedangkan danau ketiga bernama Tiwu Ata Polo atau "Danau Pesona" basanya air danau ini bewarna merah atau merah tua kekuning kuningan.
Spoiler for Danau Kalimutu:
[imagetag]


5.Danau Kawah Ijen

Danau kawah Ijen merupakan danau kawah terbesar di pulau Jawa, terletak di puncak gunung Ijen propinsi Jawa Timur. Volume danau ini diperkirakan 36 juta meter kubik air asam yang tertutup asap belerang. Danau yang sangat indah dengan warna biru toska tapi sangat beracun. Danau kawah ijem juga menjadi pusat penambangan batu belerang secara tradisional oleh masarakat setempat. Proses penambangan belerang sendiri sangat beresiko dengan asap beracun dari danau kawah ijen ditambah dengan medan yang terjal dan licin untuk dilalui oleh para penambang yang memikul beban dipundak masing masing mencapai 80 Kg per orang tanpa perlengkapan keselamatan yang memadai.
Spoiler for Danau Kawah Ijen:
[imagetag]


6.Danau Kawah Putih

Danau Kawah Putih terletak di puncak Gunung Patuha di kawasan Bandung Selatan, propinsi Jawa Barat. Diberi nama kawah putih karena kawasan tersebut hampir semuanya tertutup oleh warna putih dari permukaan air danau maupun oleh asap belerang yang menyebar di daerah tersebut. Pemandangan danau Kawah Putih begitu Indah meskipun air nya beracun karena mengandung asam sebagai akibat dari aktivitas vulkanik di dasar danau. Di pertengahan abat 20 belerang di dasar danau ini pernah di tambang tapi kini sudah dihentikan.
Spoiler for Danau Kawah Putih:
[imagetag]


7.Danau Batur

Danau Batur merupakan kawah Gunung Batur di Pulau Bali. Dan menjadi danau kawah terbesar di pulau Bali. Gunung Batur sendiri masih merupakan gunung api aktif. di sekitar danau batur terdapat pemukiman penduduk, ada dua kampung yang berdekatan dengan danau Batur masing masing Desa Kedisan dan Desa Toya Bungkah. Puncak strato gunung Batur memberikan pemandangan indah di latar belakang Danau Batur. Belum lagi ditambah dengan lokasi pemandian air panas dan bangunan Pura milik masyarakat setempat menambah keindahan pesona Danau Batur
Spoiler for Danau Batur:
[imagetag]


8.Danau Ranau

Danau Ranau merupakan danau terluas kedua di pulau sumatera Setelah Danau Toba DI sumatera Utara. Secara geografis danau ini terletak di perbatasan antara propinsi Sumatera Selatan dan propinsi Lampung. Danau Ranau yang mempunyai luas sekitar 8 ×16 km persegi dengan latar belakang gunung Seminung (ketinggian ± 1.880 meter dari permukaan laut (dpl) atau lebih kurang 1600 m dari permukaan danau) dan memiliki kedalaman lebih kurang 300m di titik terdalam, dikelilingi oleh bukit dan lembah. Pada malam hari udara sejuk dan pada siang hari cerah suhu berkisar antara 20° – 26° Celsius. Terletak pada posisi 4°51'45″ bujur selatan dan 103°55'50″ bujur timur. Danau ranau terbentuk dari gempa tektonik dimasa lampau yang mengasilkan cekungan besar di daerah ranau dan kini menjadi danau kaldera dan terkenal dengan nama danau Ranau. Meskipun masuk dalam katagori danau kawah, danau ranau tidak benar benar berada di puncak gunung seminung.
Spoiler for Danau Ranau:
[imagetag]



9.Danau Tondano

Danau terletak di Minahasa SIlawesi Utara, 36 Kilometer dari kota Manado. Berada di pegunungan lambean di dataran tinggi 600 m dari permukaan laut. Endapan yang ditemukan di danau tondano ini diperkirakan sudah berumur 65juta sampai satu koma enam mulyar tahun yang lalu. Daerah ini terkenal sebagai penghasil kopi dan kelapa. Tempat yang sangat indah dengan pemandangan Khas Minahasa.
Spoiler for Danau Tondano:
[imagetag]


10.Danau Toba

Danau toba merupakan danau kawah terbesar di dunia. Diperkirakan Danau Toba terjadi saat ledakan sekitar 73 ribu sampai 75 ribu tahun yang lalu dan merupakan letusan supervolcano (gunung berapi super) yang paling baru. Seperti aku tak perlu bercerita banyak tentang danau toba karena danau ini sudah begitu terkenal ke 8 penjuru angin.
Spoiler for Danau Toba:
[imagetag]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Post