Selasa, 22 November 2011

Cara Merawat Kesehatan Saat Hamil

Kehamilam merupakan moment yang ditunggu-tunggu oleh seorang ibu. Karena itu seharusnya kita senantiasa menjaga kesehatan agar bayi di dalam kandungan dapat tumbuh sehat dan lahir dengan selamat.

baju hamil

masa kehamilan sangat penting dan menentukan pertumbuhan dan perkembangan anak nantinya. Agar kesehatan ibu tetap prima dan terjaga, ada baiknya memabca tips berikut ini:

- Periksa kandungan ke dokter secara teratur untuk mengetahui kondisi pertumbuhan janin dan keluhan selama masa kehamilan.

- konsumsi makanan yang seimbang dan bergizi tinggi. makanan yang bergizi bagus untuk pertumbuhan janin didalam kandungan, seperti karbohidrat, daging, protein, sayuran, buah dan susu. Untuk pola makan sebaiknya diatur dengan porsi kecil tapi sering, sekitar 5 – 6 kali perhari, hal ini bertujuan untuk mengurangi mual dan muntah serta nyeri lambung.

- Jaga pola tidur dan hindari asap rokok. Asap Rokok bisa mengganggu pertumbuhan janin seperti berat badan yang kurang, mudah sakit, lambat pertumbuhannya, bahkan dapat menyebabkan keguguran dan kematian dalam kandungan.

- Untuk mencegah cacat tabung saraf dan menjaga pertumbuhan bayi, sebaiknya banyak konsumsi asam folat. Asam folat bisa didapatkan dari sereal, beras merah, jeruk, sayuran hijau, kacang-kacangan, brokoli, dan lainnya.

- Untuk mencegah anemia atau kekurangan darah pada masa kehamilan, konsumsi makanan yang juga mengandung zat besi.

- Hindari memakan obat-obatan kimia, kecuali dengan anjuran dokter. Sembarangan minum obat bisa membahayakan janin.

- Minum air putih yang cukup untuk membantu meningkatkan volume darah yang terjadi selama kehamilan.

Semoga tips singkat ini bermanfaat untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Post