Selasa, 19 April 2011

Inilah Rekor Tebusan Bajak Laut Somalia



Bajak laut Somalia meminta tebusan kepada negara yang kapalnya melintasi Tanduk Afrika-Teluk Aden. Berapa rekor terbesarnya?

Rekor terbesar itu diberikan untuk tanker super berbendera Yunani, Maran Centaurus, dengan US$9 juta pada 2010. Jumlah tersebut dibayarkan oleh pemilik tanker, Maran Tankers Management Inc. Rekor sebelumnya dipegang kapal Sirius Star milik Arab Saudi dengan US$8 juta, tahun sebelumnya.

Berdasarkan data kelompok lingkungan hidup yang mengawasi aktivitas ilegal di kawasan perairan tersebut, Ecoterra International, bajak laut meminta tebusan US$7 juta untuk kapal Maran Centaurus. Kemudian meminta tambahan US$2 juta untuk pembebasan krunya.

Pembayaran tersebut dilakukan dengan uang tunai, yang dijatuhkan di atas dek kapal Maran Centaurus dari pesawat terbang. Bajak laut kemudian memungutnya. Sisa US$2 juta dibayarkan melalui transfer pada rekening bank yang tidak disebutkan.

Kabarnya, bajak laut Somalia memberikan masing-masing US$500 kepada 28 kru maran Centaurus yang ditahan karena tidak melakukan pemberontakan. Kapal ini dibajak saat melintasi 1.300 km lepas pantai Somalia, ketika sama sekali tak ada penjagaan dari angkatan laut asing.

Selama lima tahun terakhir, jumlah uang tebusan untuk bajak laut di seluruh dunia terus meningkat dan mencapai US$12 miliar per tahun. Dalam kasus bajak laut Somalia, terjadi peningkatan uang tebusan dari rata-rata US$1,5 juta pada 2005 menjadi US$5,4 juta pada 2010.
source

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Post