Rabu, 13 April 2011

Ditinggal Penduduk, Kota Hantu Bermunculan di Amerika

Headline

"Kota Hantu". Ini bukan judul film atau cerita fiksi. Ini sebutan bagi kota-kota di Amerika yang sebagian besar rumahnya tak berpenghuni lagi.

Sejak krisis kredit perumahan melanda Amerika, jumlah warganya yang terpaksa menjual rumahnya atau disita bank karena tak mampu membayar cicilan menikat seperti derek ukur.

Menurut perkiraan 24/7 Wall ST, rata-rata 60% rumah di sejumlah kota di Amerika tak berpenhuni lagi. Dan kota-kota itu adalah kota besar. Mulai dari Florida, Palm Coast, Las Vegas, Cape Coral.

Di Lake County, Michigan, yang populasi rumahnya 14.966, sebanyak 66% diantaranya menjadi rumah hantu.

Di Wisconsin, ada Vilas County yang jumlah rumahnya 25.116 unit, 62% tak berpenghuni, disita bank atau ditinggal begitu saja karena tak bisa membayar cicilan.

Dulu kota-kota ini sangat ramai dan menjadi tujuan wisata, tapi kini kota itu hampir mati. Dulu kota-kota ini jadi semacam ikon dari semboyan american dream, tapi kini mimpi itu hilang ditelan badai krisis.

Jadi apa yang terlihat secara makro di Amerika baik-baik saja, perdagangan saham di Wall Street bergairah dan politik stabil, di tingkat mikro (main street) penderitaan akibat krisis finansial tiga tahun lalu belum lagi selesai.
source

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Post